Ichthyosis Vulgaris

Ichthyosis vulgaris adalah kondisi kulit yang diwariskan atau didapat yang terjadi ketika kulit tidak melepaskan sel kulit mati. Ini menyebabkan sel-sel kulit kering dan mati terakumulasi di permukaan kulit. Ini juga dikenal sebagai "penyakit skala ikan" karena kulit mati terakumulasi dalam pola yang mirip dengan sisik ikan.

Mayoritas kasus ringan dan terbatas pada area spesifik tubuh. Namun, beberapa kasus parah dan menutupi area tubuh yang besar, termasuk perut, punggung, lengan, dan kaki.

Gejala-gejala ichthyosis vulgaris

Gejala-gejala ichthyosis vulgaris meliputi:

    kulit kepala terkelupas
    kulit yang gatal
    sisik berbentuk poligon pada kulit
    sisik yang berwarna coklat, abu-abu, atau putih
    kulit sangat kering
    kulit menebal

Gejala-gejala ichthyosis vulgaris biasanya lebih buruk di musim dingin, ketika udara lebih dingin dan lebih kering. Tambalan kulit kering biasanya muncul di siku dan kaki bagian bawah. Paling sering mempengaruhi tulang kering di segmen tebal, gelap. Dalam kasus yang parah, ichthyosis vulgaris juga dapat menyebabkan retak yang dalam dan menyakitkan untuk berkembang di telapak kaki atau telapak tangan.

Penyebab ichthyosis vulgaris

Ichthyosis vulgaris dapat hadir saat lahir atau muncul dalam beberapa tahun pertama kehidupan seorang anak. Biasanya menghilang saat anak usia dini. Beberapa orang mungkin tidak pernah mengalami gejala lagi. Tapi bagi yang lain, itu bisa kembali saat dewasa.

Seperti banyak kondisi kulit lainnya, genetika memainkan peran dalam transmisi ichthyosis vulgaris. Kondisi ini mengikuti pola dominan autosomal. Ini berarti bahwa hanya satu orang tua yang perlu memiliki gen yang bermutasi untuk menyebarkannya ke anaknya. Ini salah satu yang paling umum dari semua gangguan kulit yang diturunkan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, orang dewasa dapat mengembangkan ichthyosis vulgaris bahkan jika mereka tidak membawa gen yang rusak. Meskipun ini jarang terjadi, paling sering dikaitkan dengan kondisi lain, termasuk kanker, gagal ginjal, atau penyakit tiroid. Ini juga dapat dikaitkan dengan pengambilan jenis obat tertentu.

Ichthyosis vulgaris juga dapat terjadi bersama dengan gangguan kulit lainnya, seperti dermatitis atopik atau keratosis pilaris. Dermatitis atopik, lebih dikenal sebagai eksim parah, dikenal karena menyebabkan ruam kulit yang sangat gatal.

Kulit yang terkena mungkin juga tebal dan ditutupi sisik. Benjolan kulit putih atau merah yang disebabkan oleh keratosis pilaris dapat terlihat mirip dengan jerawat, tetapi biasanya muncul di lengan, paha, atau bokong. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tambalan kasar pada kulit.

Diagnosis ichthyosis vulgaris

Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan kulit, yang disebut dokter kulit, biasanya dapat mendiagnosis ichthyosis vulgaris karena melihat.

Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat penyakit kulit di keluarga Anda, usia Anda pertama kali mengalami gejala, dan apakah Anda memiliki gangguan kulit lainnya.

Dokter Anda juga akan mencatat di mana tambalan kulit kering muncul. Ini akan membantu dokter Anda melacak efektivitas perawatan Anda.

Dokter Anda mungkin juga melakukan tes lain, seperti tes darah atau biopsi kulit. Ini akan mengesampingkan kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis, yang menyebabkan gejala serupa. Biopsi kulit melibatkan pengambilan bagian kecil dari kulit yang terkena untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Mengobati ichthyosis vulgaris

Saat ini tidak ada obat untuk ichthyosis vulgaris. Namun, perawatan dapat membantu Anda mengelola gejala Anda.

Perawatan rumah

Eksfoliasi kulit Anda dengan loofa atau batu apung setelah mandi dapat membantu menghilangkan kelebihan kulit.

Oleskan pelembab secara teratur yang memiliki urea atau propilen glikol di dalamnya. Zat kimia ini akan membantu kulit Anda tetap lembab. Menggunakan produk dengan urea, laktat, atau asam salisilat juga dapat membantu kulit Anda melepaskan sel-sel mati. Menggunakan humidifier di rumah Anda akan menambah kelembapan ke udara dan menjaga kulit Anda kering.

Perawatan resep

Dokter Anda mungkin juga meresepkan krim atau salep khusus untuk membantu melembapkan kulit, menyingkirkan kulit mati, dan mengendalikan peradangan dan gatal. Ini mungkin termasuk perawatan topikal yang mengandung bahan-bahan berikut:

    Asam laktat atau asam alfa hidroksi lainnya. Senyawa ini, juga digunakan dalam kosmetik anti penuaan, membantu kulit mempertahankan kelembapan dan mengurangi penskalaan.
    Retinoid. Retinoid dapat digunakan dalam kasus-kasus sulit untuk memperlambat produksi sel-sel kulit Anda. Zat-zat ini berasal dari vitamin A, sehingga mereka mungkin memiliki beberapa efek samping yang merugikan. Efek samping mungkin termasuk bibir bengkak atau rambut rontok. Cacat lahir dapat terjadi jika diambil selama kehamilan.

Hidup dengan ichthyosis vulgaris

Hidup dengan ichthyosis vulgaris dan kondisi kulit yang serupa terkadang sulit, terutama untuk anak-anak. Jika dampak kosmetik dari kondisi menjadi terlalu banyak, Anda mungkin ingin menghadiri kelompok pendukung atau melihat seorang profesional kesehatan mental. Terapi-terapi ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali kepercayaan diri Anda dan mengatasi kesulitan-kesulitan emosional yang mungkin Anda hadapi.

Terapi-terapi ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali kepercayaan diri Anda dan mengatasi kesulitan-kesulitan emosional yang mungkin Anda hadapi.

Kunci untuk hidup dengan kondisi ini adalah belajar membuat manajemen penyakit ini bagian dari rutinitas harian Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar