Penyebab Kulit Ujung Jari Terkelupas

Jika kulit di ujung jari Anda terkelupas, sepertinya tidak perlu khawatir. Kejadian umum ini sering merupakan hasil dari iritasi lingkungan atau faktor terkendali lainnya.

Dalam beberapa kasus, ujung jari yang terkelupas dapat dihasilkan dari kondisi yang mendasarinya. Jika ujung jari Anda tidak merespons perawatan di rumah atau gejala Anda memburuk, kunjungi dokter Anda. Mereka dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan jari Anda mengelupas dan merekomendasikan opsi untuk perawatan.

Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut.
Penyebab lingkungan

Faktor lingkungan adalah kekuatan eksternal yang Anda mungkin atau mungkin tidak dapat mengendalikan. Cuaca adalah contoh dari faktor lingkungan. Meskipun Anda tidak dapat mengubah cuaca, Anda dapat mengontrol seberapa banyak Anda memaparkan diri ke elemen.

Teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana faktor lingkungan seperti ini dapat memengaruhi kulit Anda dan apa yang dapat Anda lakukan.
Kulit kering

Seringkali, kulit kering adalah penyebab ujung jari terkelupas. Kulit kering biasanya lebih umum selama bulan-bulan musim dingin. Anda juga mungkin lebih rentan terhadap kulit kering jika Anda mandi atau mandi di air panas.

Kadang-kadang, bahan yang keras dalam sabun atau peralatan mandi lainnya dapat menyebabkan kekeringan.

Gejala lain mungkin termasuk:

    gatal
    retak
    kulit merah atau abu-abu
    kulit yang terasa kencang atau meregang

Perawatan mungkin sederhana seperti menggunakan sabun lembut dan diikuti dengan pelembab tangan. Anda juga harus menghindari menggunakan air panas untuk mencuci tangan Anda.

Lihat: 10 pelembap untuk kulit kering »
Sering mencuci tangan

Pencucian tangan yang berlebihan dapat menyebabkan mengupas ujung jari. Mencuci tangan dengan sabun sering bisa menghilangkan penghalang lipid di permukaan kulit Anda. Ini dapat menyebabkan sabun terserap ke lapisan kulit yang lebih sensitif, yang menyebabkan iritasi dan pengelupasan.

Air panas, lalai menggunakan pelembab di tangan setelah dicuci, dan menggunakan handuk kertas yang mengiritasi juga bisa memengaruhi kulit.

Agar ujung jari Anda tidak terkelupas, pastikan untuk mencuci tangan hanya bila perlu dan menggunakan produk lembut. Anda hanya perlu mencuci tangan ketika terlihat kotor, sebelum makan, dan setelah menggunakan kamar mandi.

Pembersih tangan berbasis alkohol dapat menjadi pilihan untuk membersihkan tangan Anda ketika tidak ada kotoran yang terlihat sehingga perlu untuk mencuci mereka.

Lihat: 8 pengobatan rumah untuk kulit kering »
Menggunakan produk dengan bahan kimia yang keras

Bahan kimia tertentu yang ditambahkan ke pelembab, sabun, sampo, dan produk kecantikan lainnya dapat menyebabkan iritasi kulit yang menyebabkan ujung jari terkelupas.

Iritasi umum termasuk:

    wewangian
    salep antibakteri
    pengawet seperti formaldehida
    isothiazolinones
    cocamidopropyl betaine

Tubuh Anda mungkin tidak bereaksi terhadap semua bahan kimia ini. Tes tempel yang dilakukan oleh dokter Anda mungkin diperlukan untuk menentukan reaksi tubuh Anda terhadap zat tertentu.

Aturan praktis terbaik untuk menghindari bahan kimia yang keras adalah mencari produk yang dipasarkan untuk kulit sensitif. Produk-produk ini biasanya bebas dari aroma dan iritasi lainnya.
Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan Anda terkena sengatan matahari. Sunburn dapat menyebabkan kulit terasa hangat dan lembut saat disentuh. Kulit Anda kemungkinan akan berwarna merah atau merah jambu. Mengupas kulit adalah gejala umum beberapa hari setelah sengatan matahari awal.

Sunburns bisa sangat mengganggu dan dapat memakan waktu beberapa hari atau bahkan seminggu untuk menyembuhkan. Selama penyembuhan, Anda dapat mengobati luka bakar dengan menggunakan kompres dingin dan pelembab ke area yang terkena. Anda mungkin menemukan pereda nyeri over-the-counter (OTC) juga membantu meringankan gejala Anda.

Secara teratur memakai dan mengaplikasikan kembali tabir surya adalah satu-satunya cara untuk menghindari sengatan matahari.

Lihat: 8 cara untuk mengobati kulit terbakar di rumah »
Reaksi terhadap cuaca dingin dan panas

Iklim kering dan suhu musim dingin dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Mencegah kulit kering dengan:

    menggunakan humidifier saat panas menyala
    menggunakan pelembab kulit lembut atau salep tebal setelah mandi
    memakai pakaian longgar yang bisa dilepas
    menghindari mandi air panas dan mandi

Mengupas ujung jari juga bisa berkembang selama bulan-bulan musim panas. Ini mungkin karena keringat berlebih atau sebagai akibat iritasi yang ditemukan pada semprotan serangga dan tabir surya.
Menghisap jari

Menghisap jari atau ibu jari dapat menjadi penyebab kulit kering dan mengelupas pada anak-anak. Tidaklah biasa bagi bayi atau balita untuk mengisap jempol mereka. Banyak anak tumbuh dari kebiasaan ini secara alami, sementara beberapa anak membutuhkan intervensi yang lebih sedikit.

Jika anak Anda mengisap jempol atau jari-jari mereka ke titik di mana ada keretakan atau pengelupasan, bicaralah dengan dokter anak mereka. Mereka dapat memandu Anda pada langkah selanjutnya.

Kondisi medis yang mendasari

Terkadang, ujung jari yang mengelupas adalah tanda kondisi medis yang mendasarinya. Terus membaca untuk mempelajari kondisi yang terkait dengan ujung jari yang terkelupas.
Alergi

Kulit di ujung jari Anda dapat mengelupas jika Anda alergi terhadap sesuatu yang pernah Anda hubungi.

Misalnya, Anda mungkin terkena nikel sambil mengenakan perhiasan murah. Alergi ini akan menyebabkan kulit merah dan gatal. Kulit kemudian akan melepuh dan akhirnya terkelupas.

Alergi lateks adalah kemungkinan lain. Reaksi terhadap lateks dapat bervariasi dan dapat menyebabkan syok anafilaktik, yang membutuhkan perawatan medis segera. Reaksi yang lebih ringan dapat menyebabkan gatal, pengelupasan, dan pembengkakan.

Jika gejala Anda memburuk atau menetap selama lebih dari satu atau dua hari, temui dokter Anda.

Pelajari lebih lanjut: Cara mengobati anafilaksis »
Kekurangan Niacin atau keracunan vitamin A

Terlalu sedikit atau terlalu banyak vitamin tertentu dapat menyebabkan kulit Anda terkelupas.

Pellagra adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari kekurangan vitamin B-3 (niacin) dalam makanan. Dapat menyebabkan dermatitis, serta diare dan bahkan demensia.

Meskipun pellagra biasanya hasil dari pola makan yang buruk, mungkin juga disebabkan oleh kondisi yang mendasari lainnya. Suplementasi Niacin adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan tingkat vitamin B-3 Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apakah suplemen aman untuk Anda dan dosis untuk dikonsumsi.

Jika Anda mendapatkan terlalu banyak vitamin A, itu dapat menyebabkan kulit yang teriritasi dan kuku retak.

Gejala lain termasuk:

    mual
    pusing
    sakit kepala
    kelelahan

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, kunjungi dokter Anda. Mereka dapat mendiagnosis apa yang menyebabkan gejala Anda dan memberi Anda panduan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Eksim tangan

Peradangan umum pada kulit (dermatitis atopik) juga dapat menyebabkan eksim tangan untuk berkembang.

Eksim tangan tampak sebagai kulit yang teriritasi yang mungkin:

    kulit
    terlihat merah
    retak
    gatal
    bersikap lembut saat disentuh

Meskipun paparan bahan kimia atau zat tertentu dapat menyebabkan eksim tangan, gen Anda juga dapat berperan.

Sangat penting untuk mengobati eksim tangan dengan menggunakan sabun lembut dan pembersih lainnya, menghindari air panas, dan sering melembabkan. Jika Anda tahu apa pemicu eksim Anda, hindari atau gunakan sarung tangan kapan pun harus ditangani.

Jika Anda belum pernah mengalami gejala-gejala ini sebelumnya, kunjungi dokter Anda. Mereka dapat membuat diagnosis dan memberi Anda panduan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Pelajari lebih lanjut: Perawatan di rumah dan pencegahan untuk eksim »
Psorias

Mengupas ujung jari Anda mungkin merupakan gejala psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang dapat muncul sebagai plak keperakan atau lesi lainnya pada kulit. Ada banyak perawatan yang tersedia untuk psoriasis di tangan, seperti tar, asam salisilat, kortikosteroid, dan calcipotriene.

Jika Anda sudah menerima diagnosis psoriasis, Anda harus melanjutkan dengan rencana perawatan Anda. Tetapi jika Anda belum pernah mengalami gejala seperti ini sebelumnya, Anda harus menemui dokter. Mereka dapat menentukan apakah psoriasis menyebabkan gejala Anda dan bekerja dengan Anda pada rencana perawatan.

Lihat: 10 pemicu psoriasis untuk menghindari »
Keratolysis eksfoliatif

Keratolisis eksfoliatif sering terjadi pada bulan-bulan musim panas. Kondisi ini dapat menyebabkan lecet, yang akhirnya akan terkelupas. Ini akan menghasilkan kulit yang terlihat merah dan terasa kering dan pecah-pecah. Sabun dan pembersih yang iritasi dapat menyebabkan kondisi memburuk.

Meskipun menggunakan pelembab bisa bermanfaat, terapi kulit yang lebih canggih mungkin diperlukan untuk meredakan gejala Anda sepenuhnya. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan apa yang tersedia untuk Anda.
Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki adalah kondisi langka yang terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Terjadi selama beberapa minggu, dan gejala muncul dalam tiga tahap yang berbeda. Tahap pertama ditandai dengan demam tinggi yang berlangsung selama lima hari atau lebih. Ujung jari mengelupas sering menjadi ciri tahap tengah kondisi ini. Kemerahan dan pembengkakan telapak tangan dan telapak kaki biasanya terjadi di tahap akhir.

Jika anak Anda mengalami gejala-gejala ini, temui dokter Anda untuk segera mendapat perhatian medis.
Kapan mengunjungi dokter Anda

Ada banyak alasan ujung jari Anda mungkin terkelupas. Gejala ringan mungkin paling baik diobati dengan waktu, pengobatan rumahan, dan krim atau pelembab OTC.

Temui dokter Anda segera jika Anda juga mengalami gejala berat, seperti rasa sakit yang hebat atau kesulitan bernapas. Anda mungkin memiliki masalah medis serius yang memerlukan perawatan segera.

Anda juga harus menemui dokter Anda jika pengelupasan tidak membaik dalam waktu seminggu. Dokter Anda dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan gejala Anda dan mengembangkan rencana perawatan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar