Panduan Ibu untuk Tanda Vital Anak

Dalam banyak hal, anak-anak bukanlah "orang dewasa kecil." Ini benar ketika datang ke tanda-tanda vital. Tanda-tanda vital, atau tanda vital untuk jangka pendek, adalah ukuran:

    tekanan darah
    denyut jantung (pulsa)
    tingkat pernapasan
    suhu

Informasi penting ini dapat memberi tahu penyedia medis banyak tentang kesehatan anak secara keseluruhan.

Nilai normal untuk tanda-tanda vital ada untuk orang dewasa, tetapi sering berbeda untuk anak-anak, tergantung pada usia mereka. Ketika Anda membawa si kecil ke kantor dokter, Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa tanda vital lebih rendah daripada orang dewasa, sementara yang lain lebih tinggi. Inilah yang diharapkan ketika datang ke tanda-tanda vital dan anak Anda.
Tanda-tanda vital bayi

Bayi memiliki tingkat pernapasan dan pernapasan (pernapasan) yang jauh lebih tinggi daripada orang dewasa. Otot bayi belum berkembang dengan baik. Ini berlaku untuk otot jantung dan otot-otot yang membantu pernapasan.

Pikirkan otot-otot jantung seperti karet gelang. Semakin jauh Anda meregangkan karet gelang, semakin keras dan lebih kuat itu "terkunci" kembali ke tempatnya. Jika jantung bayi tidak dapat meregang terlalu banyak karena serat otot yang belum matang, jantung harus memompa dengan kecepatan yang lebih cepat untuk mempertahankan aliran darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, detak jantung bayi sering lebih cepat. Itu juga bisa tidak teratur.

Ketika bayi bertambah tua, otot jantung dapat meregang dan berkontraksi lebih efektif. Ini berarti jantung tidak harus berdetak secepatnya untuk memindahkan darah ke seluruh tubuh.

Jika detak jantung bayi lebih rendah dari biasanya, itu sering menimbulkan kekhawatiran. Potensi penyebab denyut jantung lambat, juga dikenal sebagai bradycardia, pada bayi termasuk:

    tidak cukup oksigen
    suhu tubuh rendah
    efek obat
    masalah jantung bawaan

Meskipun ada variasi, mengingat kondisi keseluruhan anak, tanda-tanda vital rata-rata untuk bayi adalah:

    denyut jantung (bayi baru lahir sampai 1 bulan): 85 hingga 190 saat bangun
    denyut jantung (1 bulan hingga 1 tahun): 90 hingga 180 saat bangun
    laju pernapasan: 30 hingga 60 kali per menit
    suhu: 98,6 derajat Fahrenheit

Untuk tekanan darah:

    neonatus (96 jam hingga 1 bulan): 67 hingga 84 tekanan darah sistolik (angka atas) di atas 31 hingga 45 diastolik (angka bawah)
    bayi (1 sampai 12 bulan): 72-104 sistolik lebih dari 37 hingga 56 diastolik

Tanda-tanda vital balita

Setelah seorang anak berusia 1 tahun, tanda-tanda vital mereka berkembang lebih ke arah nilai-nilai dewasa. Dari usia 1 hingga 2, mereka harus:

    denyut jantung: 98 hingga 140 denyut per menit
    laju pernapasan: 22 hingga 37 napas per menit
    tekanan darah: sistolik 86 hingga 106, diastolik 42 hingga 63
    suhu: 98,6 derajat Fahrenheit

Tanda-tanda vital prasekolah

Ketika seorang anak berusia 3 hingga 5 tahun, tanda-tanda vital rata-rata mereka adalah:

    denyut jantung: 80 hingga 120 denyut per menit
    laju pernapasan: 20 hingga 28 napas per menit
    tekanan darah: sistolik 89 hingga 112, diastolik 46 hingga 72
    suhu: 98,6 derajat Fahrenheit

Usia sekolah (6 hingga 11 tahun)

Tanda-tanda vital rata-rata seorang anak yang berusia 6 hingga 11 tahun adalah:

    denyut jantung: 75 hingga 118 denyutan per menit
    laju pernapasan: 18 hingga 25 napas per menit
    tekanan darah: sistolik 97 hingga 120, diastolik 57 hingga 80
    suhu: 98,6 derajat Fahrenheit

Remaja (12 tahun ke atas)

Tanda-tanda vital remaja pada dasarnya sama dengan tanda-tanda orang dewasa. Pada saat ini, otot jantung dan pernafasan telah berkembang ke tingkat yang mendekati orang dewasa:

    denyut jantung: 60 hingga 100 denyut per menit
    laju pernapasan: 12 hingga 20 napas per menit
    tekanan darah: sistolik 110 hingga 131, diastolik 64 hingga 83
    suhu: 98,6 derajat Fahrenheit

Temperatur pada anak-anak

Apakah anak atau orang dewasa, suhu tubuh rata-rata adalah sekitar 98,6 derajat Fahrenheit. Namun, suhu seseorang dapat naik dan turun sepanjang hari. Pergantian hormon, olahraga, mandi, atau terpapar cuaca panas atau dingin semuanya dapat memengaruhi suhu anak.

Anda dapat mengambil suhu anak Anda di sejumlah area (asalkan mereka masih cukup muda untuk membiarkan Anda). Setiap area tubuh dapat memiliki nilai berbeda untuk apa yang merupakan demam. Menurut Sutter Health / Pusat Kesehatan California Pacific, nilai-nilai berikut menunjukkan demam pada anak Anda:

    aksila: lebih dari 99 derajat Fahrenheit (37,2 derajat Celcius)
    telinga (tympanic): lebih besar dari 99,5 derajat Fahrenheit dan 37,5 derajat Celcius jika pada mode oral (perhatikan bahwa dokter tidak menyarankan untuk mengambil suhu telinga pada anak-anak yang lebih muda dari 6 bulan)
    lisan: lebih besar dari 99,5 derajat Fahrenheit (37,5 derajat Celcius)
    dot: lebih besar dari 99,5 derajat Fahrenheit (37,5 derajat Celcius)
    dubur: lebih besar dari 100,4 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius)

Meskipun demam bukanlah kejadian yang menyenangkan untuk anak Anda, ia memiliki efek protektif dan dapat menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Namun, Anda harus selalu menghubungi dokter anak Anda jika anak tersebut berusia kurang dari 3 bulan dan mengalami demam. Untuk anak-anak yang lebih tua dari 3 bulan, hubungi dokter anak Anda jika mereka mengalami demam lebih dari 104 derajat Fahrenheit. Tekanan darah tinggi dan rendah pada anak-anak

Sementara orang dewasa umumnya mengalami tekanan darah tinggi karena penumpukan kolesterol dalam tubuh mereka (disebut aterosklerosis), anak-anak tidak memiliki faktor yang berkontribusi sama. Jadi ketika tekanan darah mereka terlalu tinggi atau terlalu rendah, dokter sering khawatir.

Biasanya yang lebih muda adalah seorang anak, yang lebih peduli dokter adalah dengan tekanan darah tinggi atau rendah. Tekanan darah dapat menunjukkan cacat jantung atau paru-paru pada anak-anak yang sangat muda. Contoh penyebab potensial tekanan darah tinggi pada bayi termasuk:

    displasia bronkopulmonal
    koarkasio aorta
    kelainan ginjal, seperti stenosis arteri ginjal
    Tumor Wilms

Ketika seorang anak berusia sekolah, hipertensi kemungkinan besar karena kelebihan berat badan, menurut KidsHealth.

Hipotensi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, adalah tekanan yang 20 mmHg lebih rendah dari tekanan darah rata-rata anak. Penyebab umum hipotensi termasuk kehilangan darah, sepsis (infeksi berat), atau reaksi alergi yang parah. Anak-anak dengan kondisi seperti ini biasanya tampak cukup sakit. Tekanan darah di bawah rata-rata yang tercantum pada anak yang tampak baik sering kali normal.

Ingat bahwa denyut jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah semuanya terkait erat. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh untuk memastikan darah dapat mengalir melalui paru-paru untuk mendapatkan oksigen dan kemudian mengambil darah beroksigen ke jaringan. Jika seseorang tidak mendapat cukup oksigen, detak jantung dan laju pernapasannya akan meningkat dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak oksigen.
Kapan memanggil dokter

Jika Anda mengambil tanda-tanda vital anak Anda dan mereka menyimpang secara signifikan dari norma-norma, Anda mungkin perlu memanggil dokter anak Anda. Inilah yang harus diperiksa:

    Anda dapat menghitung respirasi anak dengan meletakkan tangan Anda di dada anak dan merasakan seberapa sering dada naik dan turun.
    Anda dapat mengukur denyut jantung anak dengan merasakan denyut nadi brakialinya, yang merupakan denyut nadi di dalam lekuk atau tekuk lengan di sisi "jari kelingking" anak Anda dari lengan.
    Tekanan darah dapat diperiksa dengan menggunakan manset tekanan darah otomatis atau manset manual (dikenal sebagai sphygmomanometer) dan stetoskop. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa ukuran manset tekanan darah dapat mempengaruhi pembacaan. Manset berukuran dewasa sering kali akan memberikan pembacaan yang salah saat digunakan pada anak.

Tentu saja, Anda harus memeriksakan di atas di kantor dokter anak Anda. Jika anak Anda tampak aktif dan dinyatakan baik, tanda vital yang abnormal mungkin bukan keadaan darurat medis, tetapi memerlukan panggilan telepon atau kunjungan kantor. Jika anak Anda kelihatan sakit, pastikan untuk segera memberi mereka perawatan medis darurat.
Bawa pulang

Jika anak Anda tidak tampak sakit tetapi menjadi gelisah sebelumnya atau ketika Anda mengukur tanda-tanda vital, Anda mungkin ingin mencoba mengukurnya lagi ketika mereka tidak terlalu marah. Ini biasanya dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat.

Ingat bahwa tanda-tanda vital adalah bagian penting dari keseluruhan gambar, tetapi penting untuk mempertimbangkan perilaku anak Anda juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar