Sunburn Gatal

Itu terjadi pada banyak dari kita. Anda memiliki hari yang indah di luar hanya untuk berakhir dengan suvenir yang kurang ideal - sengatan matahari. Bagi beberapa orang, kondisi yang sudah tidak nyaman dapat berubah menjadi sesuatu yang dikenal sangat tidak menyenangkan sehingga telah dijuluki "gatal neraka."

Diberikan dengan tepat untuk menyampaikan keparahannya, gatal-gatal di neraka merujuk pada rasa gatal yang menyakitkan yang dapat muncul beberapa hari setelah sengatan matahari.

Meskipun penelitian terbatas pada kondisi tersebut membuat sulit untuk mengetahui dengan tepat bagaimana umum ini, beberapa dugaan menunjukkan 5 hingga 10 persen orang telah berurusan dengan ini. Kita tahu bahwa sunburns sendiri sangat umum.
Apa gejala gatalnya neraka?

Gejala gatal Ita melampaui gejala terbakar sinar matahari yang khas. Ini biasanya muncul di mana saja dari 24 hingga 72 jam setelah berada di matahari. Banyak orang melaporkan mengalami di pundak dan punggung mereka, mungkin karena ini adalah area yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari. Daerah-daerah ini mungkin tidak selalu menerima perlindungan SPF yang cukup, yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Bukan ide yang buruk untuk meminta seseorang membantu dengan titik-titik yang sulit dijangkau ini!

Mengalami gatal atau pengelupasan kulit setelah terlalu banyak paparan sinar matahari tidak biasa. Gatal ini, meskipun, dilaporkan melampaui itu dan dikenal sangat menyakitkan. Beberapa orang menggambarkan rasa gatal yang dalam, berdenyut, dan sulit diobati. Orang lain menggambarkannya seolah-olah semut api sedang merangkak dan menggigit kulit yang terkena.
Apa yang menyebabkan gatal ini?

Tidak diketahui mengapa ini terjadi atau yang mungkin cenderung pada kondisi ini. Tidak ada yang mengindikasikan bahwa orang-orang yang menderita gatal terus mengalami kondisi di samping setiap sengatan matahari. Yang mengatakan, yang dicatat, dan jelas, prekursor untuk gatal ini adalah waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari.
Faktor risiko yang perlu dipertimbangkan

Meskipun tidak jelas faktor mana yang menyebabkan gatalnya neraka, para peneliti telah mengidentifikasi faktor risiko untuk kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Orang-orang dengan kulit yang lebih ringan, dan mereka yang tidak biasa terpapar matahari untuk jangka waktu yang lama, umumnya lebih cenderung berakhir dengan kulit merah setelah sehari di samping kolam renang. Semua orang bisa terkena paparan sinar matahari, meskipun kerusakan lebih mungkin muncul pada kulit yang lebih terang. Orang dengan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin. Ini membantu memblokir beberapa aspek yang lebih merusak dari sinar ultraviolet (UV) matahari.

Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di gunung mungkin juga berakhir dengan lebih banyak sengatan matahari karena sinar matahari bisa lebih intens di ketinggian yang lebih tinggi.
Mendiagnosis gatal di neraka

Kebanyakan orang dengan kondisi ini melakukan diagnosa diri. Banyak dari apa yang telah ditulis tentang gatalnya neraka berasal dari orang-orang di internet yang menyampaikan pengalaman mereka sendiri dengan kondisi yang menyakitkan ini. Meskipun ini bisa sangat tidak menyenangkan, gatalnya neraka tidak mengancam jiwa dan bisa dirawat di rumah.

Jika gejala Anda sebaliknya memburuk atau menetap selama jangka waktu yang panjang, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.
Cara mengobati gatalnya neraka

Meskipun mungkin tampak seperti berkelahi dengan api, beberapa orang telah melaporkan bantuan dari mandi air panas. Jika Anda mencoba metode ini, penting untuk berhati-hati dan tidak terlalu panas atau lebih membakar kulit Anda.

Minyak peppermint telah digosipkan untuk membantu. Meminum oatmeal mungkin juga patut dicoba, karena ini sering direkomendasikan untuk meredakan gatal-gatal yang terkait dengan cacar air. Menerapkan pasta soda kue ke area yang terkena mungkin juga menawarkan bantuan beberapa orang, tetapi yang lain melaporkan bahwa itu tidak membantu mereka.

Beli minyak peppermint.

Pernahkah Anda mengalami gatal di neraka?

Menggaruk dapat membuat rasa sakit menjadi lebih buruk, jadi cobalah untuk mengendalikan dorongan itu. Anda dapat mencoba menggunakan gel lidah buaya atau salep ke daerah tersebut untuk bantuan cepat, tetapi ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang.

Salep topikal tersedia di atas meja dan juga dapat memberikan bantuan khusus. Pastikan untuk mencari pilihan yang mengandung 1 persen krim hidrokortison atau krim benzocaine 10 persen. Hindari menggunakan lotion atau krim yang mengandung asam salisilat.

Beli gel lidah buaya.

Beli krim hidrokortison topikal.

Jika Anda memilih untuk menemui dokter Anda, mereka mungkin dapat merekomendasikan obat anti-gatal dengan resep dokter.
Apa prospeknya?

Ketidaknyamanan adalah umum dalam jangka pendek. Sensasi gatal ini sering digambarkan sebagai berlari jauh ke dalam kulit dan sulit untuk tenang. Biasanya muncul sekitar 48 jam setelah paparan sinar matahari dan berlangsung selama sekitar.

Yang mengatakan, kulit yang terbakar matahari pada akhirnya akan hilang dan gatal harus pergi dengan itu. Setelah kulit Anda kembali ke jalur, berhati-hatilah ketika datang ke paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Menutupi pakaian, duduk di bawah payung, dan mengenakan tabir surya SPF yang tinggi - yang Anda lamar ulang setiap 80 menit - dapat membantu mencegah hal ini terjadi lagi.

Penting untuk diingat untuk mengawasi setiap perubahan pada kulit Anda dan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda melihat perubahan pigmen atau tekstur apa pun. Pemeriksaan kulit tahunan juga bisa menjadi tambahan penting untuk rutinitas perawatan kesehatan Anda. Jerawat yang parah dan paparan sinar matahari yang terus menerus meningkatkan risiko Anda untuk kanker kulit.
Cara mencegah gatalnya neraka

Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi lagi adalah dengan berhati-hati saat berada di bawah sinar matahari, terutama untuk jangka waktu yang lama. Telah diteorikan bahwa orang-orang yang mengalami gatalnya neraka mungkin memiliki semacam kecenderungan genetik terhadapnya, meskipun tidak ada penelitian untuk mendukung teori khusus ini.

Orang-orang dengan kulit yang lebih ringan juga, lebih rentan terhadap sengatan matahari. Pastikan Anda menyadari berapa banyak paparan sinar matahari yang dapat Anda toleransi dengan nyaman. Dalam semua kasus, pakai tabir surya yang mengandung SPF spektrum luas yang dirancang untuk melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Anda dapat belajar tentang delapan solusi terbaik untuk gatal di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar