Tes di Kunjungan Pranatal Pertama Anda

Perawatan prenatal adalah perawatan medis yang Anda terima selama kehamilan. Kunjungan perawatan pralahir dimulai sejak awal kehamilan Anda dan terus secara teratur sampai Anda melahirkan bayi. Mereka biasanya termasuk pemeriksaan fisik, pemeriksaan berat badan, dan berbagai tes. Kunjungan pertama dirancang untuk mengkonfirmasi kehamilan Anda, verifikasi kesehatan Anda secara umum, dan cari tahu apakah Anda memiliki faktor risiko apa pun yang dapat memengaruhi kehamilan Anda.

Bahkan jika Anda telah hamil sebelumnya, kunjungan pranatal masih sangat penting. Setiap kehamilan berbeda. Perawatan pranatal rutin akan mengurangi kemungkinan komplikasi selama kehamilan Anda dan dapat melindungi kesehatan dan kesehatan bayi Anda. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menjadwalkan kunjungan pertama Anda dan apa arti setiap ujian bagi Anda dan bayi Anda.
Kapan saya harus menjadwalkan kunjungan pranatal pertama saya?

Anda harus menjadwalkan kunjungan pertama Anda segera setelah Anda tahu Anda hamil. Umumnya, kunjungan pranatal pertama akan dijadwalkan setelah 8 minggu kehamilan Anda. Jika Anda memiliki kondisi medis lain yang dapat mempengaruhi kehamilan Anda atau memiliki kehamilan yang sulit di masa lalu, penyedia Anda mungkin ingin melihat Anda lebih awal dari itu.

Langkah pertama adalah memilih jenis penyedia layanan yang ingin Anda lihat untuk kunjungan perawatan pranatal Anda. Pilihan Anda termasuk yang berikut:

    Seorang dokter kandungan (OB): Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam merawat ibu hamil dan melahirkan bayi. Obstetricians adalah pilihan terbaik untuk kehamilan berisiko tinggi.
    Dokter praktik keluarga: Seorang dokter yang merawat pasien dari segala usia. Dokter praktik keluarga dapat merawat Anda sebelum, selama, dan setelah kehamilan Anda. Mereka juga bisa menjadi penyedia rutin untuk bayi Anda setelah lahir.
    Seorang bidan: Penyedia layanan kesehatan dilatih untuk merawat wanita, terutama selama kehamilan. Ada beberapa jenis bidan yang berbeda, termasuk bidan perawat bersertifikat (CNM) dan bidan profesional bersertifikat (CPMs). Jika Anda tertarik untuk melihat bidan selama kehamilan Anda, Anda harus memilih salah satu yang disertifikasi oleh American Midwifery Certification Board (AMCB) atau North American Registry of Midwives (NARM).
    Seorang praktisi perawat: Seorang perawat yang dilatih untuk merawat pasien dari segala usia, termasuk wanita hamil. Ini dapat berupa praktisi perawat keluarga (FNP) atau praktisi perawat kesehatan wanita. Di kebanyakan negara bagian, bidan dan praktisi perawat harus berlatih di bawah pengawasan dokter.

Tidak peduli apa pun jenis penyedia yang Anda pilih, Anda akan mengunjungi penyedia perawatan pralahir Anda secara teratur sepanjang kehamilan Anda.
Tes apa yang dapat saya harapkan pada kunjungan pranatal pertama?

Ada sejumlah tes yang berbeda yang biasanya diberikan pada kunjungan pranatal pertama. Karena ini mungkin pertama kalinya Anda bertemu dengan penyedia pranatal Anda, janji pertama biasanya adalah salah satu yang terlama. Beberapa tes dan kuesioner yang dapat Anda harapkan termasuk yang berikut:
Tes kehamilan konfirmasi

Bahkan jika Anda telah mengambil tes kehamilan di rumah, penyedia Anda mungkin akan meminta sampel urin untuk menjalankan tes untuk memastikan bahwa Anda hamil.
Batas tanggal terakhir

Penyedia Anda akan mencoba menentukan perkiraan tanggal jatuh tempo Anda (atau usia kehamilan janin). Tanggal jatuh tempo diproyeksikan berdasarkan tanggal periode terakhir Anda. Meskipun sebagian besar wanita tidak akhirnya melahirkan tepat pada tanggal jatuh tempo, itu masih merupakan cara penting untuk merencanakan dan memantau kemajuan.
Riwayat kesehatan

Anda dan penyedia Anda akan mendiskusikan masalah medis atau psikologis yang Anda miliki di masa lalu. Penyedia Anda terutama akan tertarik pada:

    jika Anda sudah memiliki kehamilan sebelumnya
    obat apa yang Anda minum (resep dan over the counter)
    riwayat medis keluarga Anda
    aborsi atau keguguran sebelumnya
    siklus menstruasi Anda

Pemeriksaan fisik

Penyedia Anda juga akan melakukan pemeriksaan fisik yang komprehensif. Ini termasuk mengambil tanda-tanda vital, seperti tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah, dan memeriksa paru-paru, payudara, dan jantung Anda. Tergantung seberapa jauh Anda dalam kehamilan Anda, penyedia Anda mungkin atau tidak melakukan USG.

Penyedia Anda kemungkinan juga akan melakukan pemeriksaan panggul selama kunjungan pranatal pertama Anda jika Anda belum memiliki satu pun baru-baru ini. Pemeriksaan panggul dilakukan untuk banyak tujuan dan biasanya melibatkan hal-hal berikut:

    Pap smear standar: Ini akan menguji untuk kanker serviks dan untuk infeksi menular seksual (IMS) tertentu. Selama Pap smear, dokter dengan lembut memasukkan instrumen yang dikenal sebagai spekulum ke dalam vagina untuk menahan dinding vagina. Mereka kemudian menggunakan sikat kecil untuk mengumpulkan sel-sel dari leher rahim. Pap smear seharusnya tidak sakit dan hanya perlu beberapa menit.
    Ujian internal bimanual: Dokter Anda akan memasukkan dua jari di dalam vagina dan satu tangan di perut untuk memeriksa kelainan rahim, indung telur, atau saluran tuba.

Tes darah

Dokter Anda akan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di bagian dalam siku Anda dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pengujian. Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan untuk tes ini. Anda hanya akan merasakan nyeri ringan ketika jarum dimasukkan dan dikeluarkan.

Laboratorium akan menggunakan sampel darah untuk:

    Tentukan golongan darah Anda: Penyedia Anda perlu mengetahui jenis darah spesifik apa yang Anda miliki. Mengetik darah sangat penting selama kehamilan karena faktor Rhesus (Rh), protein pada permukaan sel darah merah pada beberapa orang. Jika Anda Rh-negatif dan bayi Anda Rh-positif, itu dapat menyebabkan masalah yang disebut Rh (rhesus) sensitisasi. Selama penyedia Anda menyadari hal ini, mereka dapat mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah komplikasi.
    Layar untuk infeksi: Sampel darah juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah Anda memiliki infeksi, termasuk IMS. Ini mungkin termasuk HIV, klamidia, kencing nanah, sifilis, dan hepatitis B. Penting untuk mengetahui apakah Anda mungkin mengalami infeksi, karena beberapa dapat ditularkan ke bayi Anda selama kehamilan atau persalinan.
        Gugus Tugas Layanan Pencegahan AS sekarang merekomendasikan bahwa semua penyedia layar untuk IMS yang dikenal sebagai sifilis menggunakan tes reagin plasma cepat (RPR) pada kunjungan pranatal pertama. RPR adalah tes darah yang mencari antibodi dalam darah. Jika tidak diobati, sifilis selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir mati, kelainan bentuk tulang, dan gangguan neurologis.
    Periksa kekebalan terhadap infeksi tertentu: Kecuali Anda memiliki bukti imunisasi yang terdokumentasi dengan baik terhadap infeksi tertentu (seperti rubella dan cacar air), sampel darah Anda digunakan untuk melihat apakah Anda kebal. Ini karena penyakit tertentu, seperti cacar air, bisa sangat berbahaya bagi bayi Anda jika Anda mengontraknya selama kehamilan.
    Ukur hemoglobin dan hematokrit Anda untuk memeriksa anemia: Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah Anda yang memungkinkan mereka untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Hematokrit adalah ukuran jumlah sel darah merah dalam darah Anda. Jika kadar hemoglobin atau hematokrit Anda rendah, itu merupakan indikasi bahwa Anda mungkin menderita anemia, yang berarti Anda tidak memiliki cukup sel darah yang sehat. Anemia sering terjadi pada wanita hamil.

 Apa lagi yang bisa saya harapkan pada kunjungan pranatal pertama?

Karena ini adalah kunjungan pertama Anda, Anda dan penyedia Anda akan mendiskusikan apa yang diharapkan selama trimester pertama Anda, menjawab setiap pertanyaan yang mungkin Anda miliki, dan menyarankan agar Anda membuat beberapa perubahan gaya hidup untuk memaksimalkan peluang Anda memiliki kehamilan yang sehat.

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk perkembangan janin. Penyedia Anda akan menyarankan Anda untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal, dan mungkin juga membahas olahraga, seks, dan racun lingkungan untuk dihindari. Penyedia Anda dapat mengirim Anda pulang dengan pamflet dan satu paket materi pendidikan.

Penyedia Anda mungkin juga melakukan pemeriksaan genetik. Tes skrining digunakan untuk mendiagnosis kelainan genetik, termasuk sindrom Down, penyakit Tay-Sachs, dan trisomi 18. Tes-tes ini biasanya akan dilakukan nanti di kehamilan Anda - antara minggu 15 dan 18.
Bagaimana dengan setelah kunjungan pranatal pertama?

Sembilan bulan ke depan akan diisi dengan lebih banyak kunjungan ke penyedia Anda. Jika pada kunjungan pranatal pertama Anda, penyedia Anda menentukan bahwa kehamilan Anda berisiko tinggi, mereka mungkin merujuk Anda ke spesialis untuk pemeriksaan yang lebih mendalam. Kehamilan dianggap berisiko tinggi jika:

    Anda berusia di atas 35 tahun atau di bawah usia 20 tahun
    Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau tekanan darah tinggi
    Anda gemuk atau kurus
    Anda mengalami kelipatan (kembar, kembar tiga, dll.)
    Anda memiliki riwayat kehilangan kehamilan, kelahiran sesar, atau kelahiran prematur
    darah Anda kembali positif untuk infeksi, anemia, atau sensitisasi Rh (rhesus)

Jika kehamilan Anda tidak dianggap berisiko tinggi, Anda harus mengharapkan untuk melihat penyedia Anda untuk kunjungan prenatal di masa mendatang secara teratur sesuai dengan jadwal waktu berikut:

    trimester pertama (konsepsi hingga 12 minggu): setiap empat minggu
    trimester kedua (13 hingga 27 minggu): setiap empat minggu
    trimester ketiga (28 minggu sebelum melahirkan): setiap empat minggu sampai minggu 32 kemudian setiap dua minggu sampai minggu 36, kemudian sekali seminggu sampai melahirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar