Pengobatan Kolik

Air vs Tetes Gas: Mana Yang Terbaik untuk Anak Saya?

Kolik adalah kondisi yang menyebabkan bayi menangis berjam-jam tanpa alasan yang jelas. Menurut American Academy of Pediatrics, diperkirakan 20 persen bayi akan mengalami kolik. Bayi yang mengalami kolik biasanya akan mulai menangis pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari, sering pada sore atau malam hari. "Seruan kolik" biasanya memiliki suara berbeda yang bernada tinggi.

Kolik dapat terjadi pada bayi yang normal dan sehat. Kondisi ini paling sering dimulai ketika bayi berusia sekitar 3 hingga 4 minggu. Kondisi ini cenderung mereda pada 3 hingga 4 bulan. Meskipun kolik tidak bertahan lama dalam beberapa minggu, tetapi rasanya seperti waktu yang tidak terbatas bagi pengasuh bayi.

Dokter tidak yakin apa penyebab kolik. Lama dipikirkan disebabkan oleh gas atau perut yang kesal, tetapi ini belum terbukti. Salah satu alasan potensial untuk keyakinan ini adalah bahwa ketika bayi menangis, mereka menegangkan otot perut mereka dan mungkin menelan lebih banyak udara, membuat mereka tampak memiliki rasa sakit gas atau perut. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan perawatan didasarkan pada pengurangan gas. Sayangnya, tidak ada obat yang terbukti mengurangi gejala kolik bayi. Namun, beberapa orang tua menggunakan air gripe atau tetes gas untuk mengobati sakit perut. Mana yang terbaik untuk bayi Anda?

Air Gripe menjelaskan

Mengeluh air adalah obat alternatif yang digunakan beberapa orang untuk mencoba mengurangi gejala kolik bayi. Cairannya adalah campuran air dan herbal, yang dapat bervariasi berdasarkan produsen. Namun, dua komponen umum adalah minyak biji dill dan natrium bikarbonat. Bertahun-tahun yang lalu, beberapa produsen menambahkan gula atau alkohol untuk mencengkeram air.

Kebanyakan formulasi kontemporer bebas alkohol dan bebas gula.

Komponen air gripe dimaksudkan untuk memiliki efek menenangkan pada perut bayi. Akibatnya, mereka cenderung mengalami sakit perut dan menangis tak tersembuhkan.

Mengeluh air dapat memiliki efek samping, terutama jika orang tua memberi bayi terlalu banyak. Kandungan natrium bikarbonat dapat menyebabkan kondisi yang disebut alkalosis di mana darah menjadi terlalu "dasar" bukan asam. Juga, air gripe yang tidak tersimpan dapat menarik bakteri atau jamur. Simpanlah selalu di lokasi yang sejuk dan kering dan gantilah air yang dicengkeram pada atau sebelum tanggal yang disarankan pabrikan.

Berbelanja untuk mencengkeram air.
Tetes gas dijelaskan

Tetes gas adalah perawatan medis. Bahan aktif utamanya adalah simetikon, bahan yang memecah gelembung gas di perut. Ini membuat gas lebih mudah dilewati. Contoh tetes-tetes gas yang tersedia untuk bayi termasuk Tumit Kecil Bantuan Gas, Phazyme, dan Mylicon. Tetes dapat dicampur dalam air, susu formula, atau ASI dan diberikan kepada bayi.

Tetes gas umumnya dianggap aman untuk digunakan pada bayi kecuali bayi diberikan obat hormon tiroid. Obat tiroid dapat berinteraksi dengan obat tetes gas.

Toko untuk tetes bantuan gas.
Memilih antara air cengkeraman dan tetes gas

Memilih antara air cengkeraman dan tetes gas bisa menjadi sulit karena tidak ada perawatan yang terbukti mengobati kolik. Juga, memperkenalkan obat baru apa pun kepada bayi Anda dapat menyebabkan reaksi alergi.

Ini bisa sangat spesifik untuk bayi jika kolik seorang kecil akan menjadi lebih baik dengan air gripe atau tetes gas.

Salah satu cara untuk menentukan apa yang mungkin paling membantu adalah memikirkan gejala kolik pada bayi. Jika perut bayi Anda tampak kencang dan mereka selalu menarik kaki mereka ke arah perut mereka untuk melepaskan gas yang sudah terbentuk, maka tetes-tetes gas mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Jika bayi Anda tampaknya lebih responsif terhadap teknik-teknik yang menenangkan, keluhan air mungkin merupakan pilihan perawatan yang disukai. Namun, tidak ada bukti bahwa satu atau yang lain akan bekerja dalam kedua kasus.

Kapan memanggil dokter

Sementara kolik adalah kejadian normal dan biasanya tidak menimbulkan kekhawatiran, ada beberapa situasi di mana Anda mungkin perlu mencari perhatian medis. Ini termasuk:

    jika bayi Anda mengalami jatuh atau cedera pada pagi hari dan menangis dengan sedih
    jika bibir atau kulit bayi Anda memiliki cor berwarna kebiru-biruan pada mereka, yang dapat mengindikasikan bahwa mereka tidak mendapatkan cukup oksigen
    jika Anda khawatir kolik bayi Anda memburuk atau kolik memengaruhi kondisi bayi Anda
    pola gerakan usus bayi Anda telah berubah dan mereka tidak memiliki gerakan usus lebih lama dari biasanya atau jika mereka memiliki darah di tinja mereka
    bayi Anda memiliki suhu yang lebih tinggi dari 100,4˚F (38˚C)
    jika Anda merasa kewalahan atau tidak berdaya dalam menenangkan kolik bayi Anda

Pandangan tentang pengobatan kolik

Selain menggunakan air gripe atau tetes gas untuk mengobati sakit perut, ada langkah lain yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati gejala bayi Anda.

Meskipun kepekaan terhadap makanan jarang terjadi pada bayi, beberapa ibu melaporkan bahwa mengurangi asupan makanan tertentu sementara menyusui membantu gejala kolik. Ini termasuk susu, kubis, bawang, kacang, dan kafein. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum melakukan diet eliminasi ketat.

Cobalah mengganti botol bayi Anda dengan botol aliran lambat untuk menjaga agar susu formula tidak terlalu banyak masuk ke dalam mulut sekaligus. Memilih botol yang meminimalkan udara juga dapat mengurangi ketidaknyamanan perut.

Tawarkan bayi Anda dot, yang dapat membantu menenangkan mereka.

Ambil langkah-langkah untuk menenangkan bayi Anda, seperti lampin, goyang, atau berayun.

Pegang bayi Anda tegak ketika Anda memberi mereka makan. Ini membantu meminimalkan gas.

Pilih makanan yang lebih kecil dan lebih sering untuk menjaga perut bayi Anda terisi terlalu banyak.

Ingat bahwa kolik bersifat sementara. Ini akan hilang dalam beberapa minggu, dan Anda akan memiliki lebih banyak kedamaian dan ketenangan serta bayi yang lebih bahagia pada waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar